15+ Rumus Excel Penting yang Wajib Dikuasai untuk Kerja Kantoran

Daftar Isi
Rumus Excel Penting yang Wajib Dikuasai untuk Kerja Kantoran

Pelajari rumus Excel penting seperti SUM, IF, VLOOKUP, dan lainnya yang wajib dikuasai untuk kerja kantoran. Lengkap dengan fungsi dan juga contohnya!

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi kantor yang disertakan dalam paket aplikasi Microsoft Office. Aplikasi ini dikenal dengan keandalannya dalam mengolah data khususnya yang berisikan angka.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini memiliki banyak rumus Excel yang bisa memudahkan kita untuk mengelola data, menghitung angka, membuat laporan, hingga menganalisis informasi dengan mudah dan cepat.

Dalam dunia kerja modern, menguasai Microsoft Excel bukan lagi menjadi nilai tambah lagi, melainkan sebuah keterampilan wajib. Terutama bagi para pekerja kantoran seperti admin, staf keuangan, HR, data entry, hingga analis.

Oleh karena itu teman-teman harus mengetahui bagaimana cara mengoperasikan Microsoft Excel. Selain cara kerja, pastikan juga kamu juga mengetahui Fungsi Excel yang biasa digunakan dalam pekerjaan kantoran.

15+ Rumus Excel Penting yang Wajib Dikuasai untuk Kerja Kantoran

Sering kali, banyak karyawan baru merasa kewalahan saat diminta mengerjakan tugas-tugas yang berhubungan dengan Excel seperti mengolah dan menganalisis data.

Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan mereka belum mengetahui apa saja rumus atau fungsi Excel yang biasa diperlukan untuk mengolah data kantor.

Apakah kamu juga belum mengetahui apa saja rumus Excel yang sangat berguna untuk menyelesaikan pekerjaan kantor secara cepat dan akurat? Saya akan menjelaskan penjelasan lengkapnya di bawah ini:

Rumus

Fungsi

Contoh Penggunaan

SUM

Menjumlahkan nilai secara otomatis

=SUM(A1:A10)

AVERAGE

Menghitung rata-rata dari sekumpulan angka

=AVERAGE(B2:B12)

MIN / MAX

Menampilkan nilai terkecil atau terbesar

=MIN(C1:C20) / =MAX(C1:C20)

COUNT

Menghitung jumlah sel yang berisi angka

=COUNT(A1:A10)

COUNTA

Menghitung jumlah sel yang tidak kosong (termasuk teks)

=COUNTA(A1:A10)

IF

Membuat logika kondisi (jika… maka…)

=IF(A2>70,"Lulus","Tidak Lulus")

VLOOKUP

Mencari data secara vertikal dari kolom tertentu

=VLOOKUP("A001",A2:C10,2,FALSE)

HLOOKUP

Mencari data secara horizontal dari baris tertentu

=HLOOKUP("Jan",A1:F3,2,FALSE)

INDEX + MATCH

Mencari data lebih fleksibel dibandingkan VLOOKUP

=INDEX(B2:B10,MATCH("Nama",A2:A10,0))

CONCATENATE / TEXTJOIN

Menggabungkan beberapa teks dalam satu sel

=TEXTJOIN(" ",TRUE,A1:C1)

LEFT / MID / RIGHT

Mengambil sebagian teks dari kiri, tengah, atau kanan

=MID(A1,3,2)

LEN

Menghitung jumlah karakter dalam satu sel

=LEN(A1)

TODAY()

Menampilkan tanggal hari ini

=TODAY()

NOW()

Menampilkan tanggal dan waktu saat ini

=NOW()

DATEDIF

Menghitung selisih waktu (tahun, bulan, atau hari)

=DATEDIF(A1,B1,"Y")

IF + AND/OR

Menggabungkan logika ganda dalam kondisi

=IF(AND(A2>60,B2>60),"Lulus","Gagal")

IFERROR / ISERROR

Menghindari pesan error dengan alternatif tampilan

=IFERROR(VLOOKUP(X1,A2:B10,2,FALSE),"Tidak Ada")

Akhir Kata

Dengan menguasai rumus Excel di atas, kamu bisa bekerja dengan lebih mudah dan cepat. Selain meningkatkan skill, ini juga bisa membuka lebih banyak peluang karier di dunia kerja yang serba cepat. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Mas Dimas
Mas Dimas Blogger asal Jember yang hobi nulis artikel seputar sepakbola, teknologi, dan otomotif.

Posting Komentar